Menulis secara Efektif: Panduan Dua Bagian, Bagian 1


Semua yang kita lakukan melibatkan komunikasi - tertulis, lisan, dan nonverbal. Saat ini, karena Internet dan World Wide Web, komunikasi tertulis muncul sebagai format utama. Menulis secara efektif sekarang merupakan keterampilan penting.

Sayangnya, keterampilan menulis tidak lagi ditekankan di sekolah dasar. Siswa SMA tidak memiliki keterampilan untuk menulis makalah dan penelitian. Perguruan tinggi dan universitas mengenalkan kembali keterampilan menulis ke dalam kurikulum mereka agar menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan ini.

Tujuan artikel ini, bagaimanapun, bukan untuk mengajarkan cara menulis tesis doktoral Anda tentang teori mengapa aardvarks tidak mengembangkan otak yang cukup besar untuk mendukung penalaran deduktif. Tugas itu akan kami sampaikan ke profesor berjuntai dan mortir di ruang belajar tinggi yang tertutup ivy. Tujuan dari artikel ini adalah untuk memberi Anda beberapa gagasan dan metode untuk digunakan saat Anda mulai menulis teks untuk newsletter berbasis web, materi pemasaran mandiri, atau mungkin buku self-help yang Anda tulis sebagai panduan pendamping untuk latihan pembinaan atau mentoring Anda.

Bagian 1 akan mencakup beberapa dasar bagaimana menyusun garis besar dan menulis teks Anda. Bagian 2 akan membantu Anda meninjau ulang pekerjaan Anda, dan bagaimana Anda bisa melakukan pekerjaan baik Anda sendiri dan membuatnya lebih baik.

OUTLINING TOPIK ANDA

Bagilah topik Anda ke dalam setidaknya tiga segmen yang dapat dikerjakan, dan tandai setiap segmen. Sekarang ambil ketiga segmen itu dan taruh mereka dalam urutan yang paling logis. Sebelum segmen pertama, judul perkenalan, memungkinkan kesimpulan setelah segmen terakhir. Sekarang Anda memiliki garis besar yang bisa diterapkan.

Menguraikan Segmen
Jangan khawatir dengan perkenalan atau kesimpulan Anda dulu, berkonsentrasilah pada segmennya. Ambil setiap segmen dan jatuhkan ke beberapa bagian. Ingatlah bahwa masing-masing "bagian" ini mungkin tidak lebih dari beberapa kalimat, jadi tanyakan sebanyak bagian berbeda yang Anda butuhkan di bawah setiap segmen. Seperti yang Anda lakukan dengan segmen, lihat bagian yang Anda cantumkan.

Masukkan mereka dalam urutan yang paling logis. Sekarang pokok bahasan Anda di setiap segmen sudah diatur dengan baik. Dengan garis besar tertib, Anda dapat menyisipkan segmen atau bagian baru kapan saja, dan menghapus atau mengatur ulang yang Anda miliki. Bila garis besar Anda diformat untuk kepuasan Anda, Anda bisa mulai menulis dengan percaya diri bahwa Anda belum melupakan elemen kunci apa pun.

MENULIS TOPIK ANDA

Tidak perlu menulis teks dari awal sampai akhir. Dengan garis besar rinci Anda, Anda dapat menulis setiap bagian secara terpisah jika Anda mau. Satu hal yang mungkin ingin Anda pertimbangkan, bagaimanapun, adalah selalu mencoba menyelesaikan sebagian atau segmen sebelum Anda menutup toko untuk hari itu. Anda akan menanggung risiko melupakan pemikiran Anda saat Anda berikutnya duduk. Jika Anda harus meninggalkan bagian yang belum selesai, luangkan beberapa saat untuk membuat beberapa catatan yang akan joging memori Anda saat Anda siap untuk menulis lagi.

Saat Anda menulis, jika Anda mendapati bahwa Bagian C dari Segmen 2 sekarang bekerja paling baik sebagai Bagian A Segmen 1, Anda dapat dengan mudah menata ulang pekerjaan Anda. Pastikan Anda membereskan diri sendiri. Jika Bagian B dari Segmen 2 mengacu pada apa yang dimaksud dengan Bagian C di Segmen 2, Anda harus memperbaiki referensi itu (atau membuat perubahan apa pun yang diperlukan untuk mengarahkan pembaca Anda).

Pikirkan audiens target Anda dan tulislah ke tingkat itu. Jika Anda menangani anak-anak, tulislah dengan singkat, kalimat sederhana. Jika Anda menulis untuk wanita pekerja, gunakan bahasa dan istilah yang sesuai dengan profesinya. Menulis dalam prosa yang tinggi dan mengganti versi lima dolar dari kata sifat lima puluh sen tidak akan selalu membuktikan bahwa Anda adalah seorang penulis yang efektif atau bahkan baik. Tulislah untuk orang-orang yang paling mungkin membaca teks Anda sesuai kata-kata yang akan mereka mengerti.

SELESAI TEKS ANDA

Bila Anda telah menulis teks utama Anda, Anda dapat dengan mudah menambahkan pendahuluan dan kesimpulannya.

Dalam satu atau dua paragraf yang jelas, Anda memberi tahu pembaca tentang apa yang akan mereka baca. Ini mungkin membantu agar garis besar Anda praktis dan Anda bisa menambahkan sedikit daging ke tulang-tulang itu. Jangan mencoba untuk menjelaskan secara rinci, cukup gunakan beberapa baris deskriptif yang mudah tentang teks secara keseluruhan. Paragraf ketiga dan terakhir dari pendahuluan Anda bisa menjadi daftar urutan topik (segmen) Anda disajikan.

Kesimpulan

Kesimpulan Anda harus lebih pendek dari pada perkenalan Anda. Bagaimanapun, pembaca Anda baru saja membajak seluruh teks - dia tidak menginginkan informasi baru pada saat ini, dan juga dia tidak memerlukan hash ulang teks yang lengkap. Bungkus beberapa ujung yang longgar, tunjukkan kesimpulan yang Anda harap pembaca telah tarik. Jika pekerjaan Anda adalah teks bantuan mandiri, Anda mungkin ingin mempersonalisasi akhir cerita Anda dengan menambahkan kata dorongan yang sesuai.

Anda dapat menggunakan gagasan ini untuk tugas menulis yang Anda miliki sebelum Anda, jadilah artikel buletin, cara manual, atau New York Times # 1 yang terakhir. Pesanan pikiran Anda dengan potongan yang mudah diatur, susun secara logis, tuliskan teks Anda dengan audiens yang Anda targetkan, lalu tepuklah pengenalan dan bungkus dengan sebuah kesimpulan. Sekarang Anda menulis secara efektif! Carilah "Menulis Secara Efektif Bagian 2" untuk mendapatkan tip tentang cara mengoreksi pekerjaan Anda sendiri.

0 Response to "Menulis secara Efektif: Panduan Dua Bagian, Bagian 1"

Posting Komentar

wdcfawqafwef