Menulis secara Efektif: Panduan Dua Bagian, Bagian 2


Pada Bagian 1, saya memberi Anda beberapa gagasan tentang bagaimana menulis teks Anda. Saat teks Anda selesai, Anda perlu memeriksanya untuk mengetahui kekurangannya, memperbaiki kesalahannya, dan memasang lapisan cat terakhir untuk pekerjaan Anda yang baik. Dalam industri publikasi proses ini disebut "proofreading."

Aku tidak akan repot-repot dengan minutiae tata bahasa dan tanda baca. Agaknya, Anda dengan setia menggunakan program pemeriksa ejaan Anda. Ini akan mengoreksi salah eja dan menunjukkan beberapa kekurangan gramatikal dasar. Ingatlah untuk menambahkan kata ke kamus komputer yang unik untuk topik Anda sehingga pemeriksa ejaan akan terus memeriksa persyaratan spesifik artikel Anda untuk akurasi.

Namun, program pemeriksa ejaan tidak dapat menangkap semuanya --- di situlah proofreading ikut bermain. Dalam "skenario terbaik", Anda akan menyewa seorang proofreader profesional untuk melakukan layanan ini. Anda terlalu dekat dengan pekerjaan. Di dalam otak Anda, Anda tahu apa yang Anda pikir sudah Anda tulis. Anda tidak perlu membaca apa yang telah Anda tulis.

Pasangan mata yang obyektif bisa membaca teks Anda dan menemukan kesalahan yang mungkin belum pernah dilihat oleh mata subjektif Anda. Seorang proofreader yang juga seorang copyeditor yang baik akan membantu Anda menyingkirkan sarang laba-laba yang mungkin melekat pada pekerjaan Anda dengan menyarankan sesuatu dari kalimat kecil yang menulis ulang ke restrukturisasi sebuah paragraf yang lengkap.

Dalam skenario "dunia nyata", Anda mungkin tidak memiliki kemewahan mempekerjakan seseorang untuk melakukan tugas ini. Berikut adalah beberapa tip dan panduan bagaimana mengoreksi pekerjaan Anda sendiri, tugas yang harus selalu dilakukan sebelum Anda mengkomunikasikan kata-kata tertulis Anda ke penggunaan akhirnya.

PROOFREADING ANDA SENDIRI BEKERJA

Tip terbaik yang bisa saya tawarkan adalah Anda tidak pernah menulis dan mengoreksi pekerjaan Anda pada hari yang sama. Otak Anda memiliki ingatan jangka pendek yang kuat dan Anda terlalu cenderung untuk "membaca apa yang ingin Anda baca" daripada membaca apa yang sebenarnya ada di sana. Jadi, tulislah karya Anda dan kemudian biarkan istirahat semalam. Sibuk dengan tugas lain, lakukan sedikit bacaan untuk kesenangan, atau keluar untuk bermain golf mini. Kembalilah ke teks Anda saat Anda segar --- tidak terburu-buru, tidak lelah --- dan bila Anda siap meluangkan waktu untuk meninjau kata-kata.

Bacalah karya Anda di potongan-potongan yang disorder. Bila Anda membaca teks Anda sendiri dari awal sampai akhir, Anda cenderung menjadi sedikit angkuh dengannya, terutama menjelang akhir. Anda masih sangat familiar dengan pekerjaan Anda sehingga Anda tahu apa yang akan terjadi selanjutnya, dan Anda mungkin mulai mengkilap teks. Jadi baca segmen pekerjaan Anda yang rusak. Baca tengahnya, lalu baca perkenalannya, pergi ke akhir dan kemudian baca bagian pertama. Pastikan untuk membaca semuanya. Percayalah pada otak Anda untuk mencatat adanya inkonsistensi yang mungkin terjadi dalam keseluruhan pekerjaan.

Sewaktu Anda membaca, jika Anda mendapati bahwa Anda telah "tersandung" atas kalimat tertentu --- yaitu, sesuatu tentang kalimat yang membuat Anda melewatkan atau berhenti - lalu membaca ulang kalimat itu dengan suara keras. Letakkan jari Anda di bawah setiap kata dan bacalah perlahan-lahan. Anda mungkin menemukan bahwa ada sebuah kata yang hilang atau Anda memulai satu pemikiran tapi menyelesaikan yang lain. Mungkin perlu sedikit penulisan ulang untuk memolesnya dan membuatnya masuk akal.

Akhirnya, saat Anda memikirkan pekerjaan Anda selesai, mintalah orang lain membacanya dari nol, sebaiknya seseorang yang tidak tahu apa yang Anda tulis. Pembaca "objektif" ini mungkin menemukan beberapa titik lemah yang tidak Anda tangkap. Mungkin pada awalnya sulit untuk menerima kritik atas pekerjaan Anda, namun ingatlah bagaimana pembaca Anda akan melihatnya. Jadi, ketika kritik objektif datang ke arah Anda, evaluasilah untuk mengetahui apa itu dan lihat apakah ada perubahan yang harus dilakukan secara logis terhadap teks Anda.

Jadi sekarang Anda telah menulis teks yang teratur dan logis. Anda telah mengoreksi itu dan Anda telah meminta pendapat yang obyektif. Anda pasti telah mengubah beberapa hal, beberapa minor dan mungkin beberapa penulisan ulang utama, dan Anda telah memperbaiki pekerjaan bagus Anda sendiri. Anda sekarang dalam perjalanan Anda untuk menguasai seni menulis secara efektif!

0 Response to "Menulis secara Efektif: Panduan Dua Bagian, Bagian 2"

Posting Komentar

wdcfawqafwef